Home > Tips-tips > Tips Membeli Apartemen

Tips Membeli Apartemen

December 20, 2012 Leave a comment Go to comments

Membeli apartemen ternyata bukanlah pekerjaan mudah meskipun bagi mereka yang mempunyai cukup dana sekalipun. Hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya pilihan apartemen yang gencar ditawarkan oleh pengembang di kota besar. Setiap tahun banyak bermunculan apartemen baru yang ditawarkan oleh pengembang, baik itu di Jakarta, Bekasi atau bahkan Bogor dan Depok. Apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli apartemen agar kita tidak salah pilih? Berikut ini tips membeli apartemen oleh M. Khoiruddin dalam bukunya Trik Membeli Rumah & Apartemen untuk Hunian dan Investasi:

1. Lokasi yang strategis Pemilihan lokasi merupakan hal terpenting saat membeli properti. Kelebihan apartemen dibandingkan rumah adalah lokasinya yang strategis terletak di dekat kota dan fasilitas publik. Oleh karena itu, pilihlah apartemen yang lokasinya paling dekat dengan tempat Anda beraktivitas sehari-hari, misal: tempat kerja, sekolah, pusat perbelanjaan, pusat pelayanan kesehatan, dll. Lokasi yang strategis juga harus didukung oleh kemudahan akses yang bebas macet serta fasilitas jalan yang memadai. Selain itu, pertimbangkan juga faktor force majeure (misalnya: bencana banjir, gempa bumi, tanah longsor, dll) yang berisiko terjadi di lokasi tersebut.

2. Kredibiitas pengembang Kredibilitas pengembang sangat berpengaruh terhadap nasib apartemen yang Anda beli. Pastikan pengembang apartemen Anda memiliki track record yang bagus, bertanggung jawab, dan profesional. Hal ini untuk menghindari masalah seperti tanah bermasalah, molornya pembangunan, dan masalah fasilitas apartemen lainnya. Cara paling mudah mengetahui track record pengembang apartemen adalah dengan menghubungi APERSSI (Asosiasi Peghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia).

3. Faktor Legalitas Dasar penghitungan kepemilikan unit apartemen adalah Nilai Perbandingan Proporsional (NPP). NPP tersebut akan dijadikan besarnya service charge dan hak suara penghuni dalam pengambilan keputusan. Pastikan NPP Anda sudah dihitung saat membeli apartemen. Periksa Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) apartemen sebelum membelinya. Anda dapat mengecek SHGB di kantor BPN untuk mengetahui apakah lahan tersebut sedang dalam sengketa atau sedang dijaminkan di bank oleh pengembang. Selain itu, Anda dapat meminta kelengkapan surat-surat lainnya, seperti Izin Prinsip, Surat Izin Penggunaan Peruntukan Tanah (SIPPT), dan Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari pengembang.

4. Fasilitas apartemen Banyak pengembang menawarkan apartemen dengan berbagai sarana dan fasilitas yang menggiurkan dalam iklannya, meskipun kadang tidak sesuai dengan kenyataan. Sebelum membeli periksa dengan teliti setiap fasilitas yang ditawarkan agar Anda tidak kecewa. Beberapa fasilitas penting harus Anda perhatikan, antara lain: listrik, air, spesifikasi gedung, lapangan parkir, lift, serta keamanan. Jika Anda membeli unit apartemen furnished maka periksalah kelengkapan perabot yang diberikan. 5. Pilih tipe apartemen sesuai kebutuhan Apartemen memiliki beberapa tipe, antara lain: tipe studio, business apartment, apartement building, condominium/penthouse apartment. Sesuaikan tipe unit apartemen yang akan dibeli dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

suumber :

Forum.kompas.com

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s